radio

Selasa, 04 Mei 2010

Sleman

Tugu Kemerdekaan. Dalam buku sejarang, tugu ini mempunyai daya tarik tersendiri. Menurutku, aku yang sangat senang dengan sejarah-sejarah, kalo ingat lagune Katon Bagaskara judulnya "Yogyakarta" mesti merinding. Opo hubungane???? lha embuh
Candi Prambanan. Lokasi di sebelah timur dari bandara Adi Sutjipto. Nek ketempat tinggal mbahne make tole mesti nglewati. Saya malah sudah pernah ke sini. Waktu itu bersama rombongan SD Tarakanita 4 Pluit Jakarta Utara. Saya sempat makaryo disana. Sama kawan sesama pengajar, dan beliau memiliki kelebihan maka beliau bisa melihat sikon tempat tersebut. Jarene orang tua-tua jangan pacaran di sini. Dan kalo pengen awet enom, cari patung Roro Jonggrang kemudian usapkan tangan kanan dari ujung kepala sampai ujung kaki. Ning embuh..aku yo mencoba ki. Hasile yo kaya saiki.
Monjali (Monumen Jogja kembaLi). Saya sendiri belom pernah masuk. Padahal cah sleman..Kalo dari rumah, kira2 15 Menit naek motor. Sorry, gambare rodo mumet.
Gunung Merapi. Terletak di utara kota Jogja, tepatnya di daerah Sleman-Pakem-Kaliurang. Jarene critane mbah-mbah, gunung ini ditunggu oleh raksasa yang kena kutukan "mangan endhog Jagad"... aku dhewe yo ra pati ngerti. Setahuku, itu adalah buatan Tuhan Yang Maha Kuasa.
Yang ini adalah Kesenian Jathilan. Orang biasa nyebut Kuda Lumping. Kesenian ini setiap warga Jogja atau daerah sekitarnya pada tahu. Ada unsur magic nya??? Lho pasti. Lah wong kalo ga biasa njathil bisa kesurupan. Menurut pakde, kalo orang udah pernah ikut jatilan dan kesurupan, jarene kalo krungu suara gamelan gampang ndadi. Monggo, menurut sampeyan gimana..
Gambar di atas adalah Kraton Ngayogyokarto. disinilah ada berbagai benda Warisan Mataram. Ada Kreto Kencono. Waktu kecil aku pernah diajak ke sini sama keluargaku.
Ini adalah Kantor pos gede. Lokasi di Jogja, sebelah selatan mau ke arah Kraton.

Tidak ada komentar: